Selasa, 18 Oktober 2016

Penelitian Deskriptif

Tujuan
Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat pecandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.

Contoh
Beberapa contoh penelitian macam ini adalah:
1.  Survai mengenai pendapat umum untuk menilai sikap para pemilih terhadap encana perubahan tahun pelajaran.
2.       Survai dalam suatu daerah mengenai kebutuhan akan pendidikan keterampilan.
3.       Studi mengenai kebutuhan tenaga kerja akademik pada kurun waktu tertentu.
4.       Penelitian mengenai taraf kehidupan serap pelajar-pelajar SMU.

Ciri-ciri
(1) Secara harfiah, penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud untuk membuat pencamdraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian. Dalam arti ini penelitian deskriptif itu adalah akumulasi data dasar dalam cara deksriptif semata-mata tidak perlu mencari atau menerangkan saling hubungan, mentest hipotesis, membuat ramalan, atau mendapatkan makna dan implikasi, walaupun penelitian yang bertujuan untuk menemukan hal-hal tersebut dapat mencakup juga metode-metode deskriptif.
Tetapi para ahli dalam bidang penelitian tidak ada kesepakatan mengenai apa sebenarnya penelitian deskriptif itu. Sementara ahli memberikan arti penelitian deskriptif itu lebih luas dan mencakup segala macam bentuk penelitian kecuali penelitian historis dan penelitian eksperimental, dalam arti luas biasanya digunakan istilah penelitian survai.
(2)    Tujuan penelitian-penelitian survey:
a.       Untuk mencari informasi faktual yang mendetail yang mencandra gejala yang ada.
b.  Untuk mengidentifikasi masalah-masalah atau untuk mendapatkan justifikasi keadaan dan praktek-praktek yang sedang berlangsung.
c.       Untuk membuat komparasi dan evaluasi.
d.    Untuk mengetahui apa yang dikerjakan oleh orang-orang lain dalam mengalami masalah atau situasi yang sama, agar dapat belajar dari mereka untuk kepentingan pembuatan rencana dan pengambilan keputusan di masa depan.

Langkah-langkah Pokok
1.    Definisikan dengan jelas dan spesifik tujuan yang akan dicapai. Fakta-fakta dan sifat-sifat apa yang perlu diketemukan.
2.     Rancangkan cara pendekatannya. Bagaimana kiranya data akan dikumpulkan? Bagaimana caranya menentukan sampelnya untuk menjamin supaya sampel sampel representative bagi populasinya? Alat atau teknik observasi apa yang tersedia atau perlu dibuat? Apakah metode pengumpulan data perlu dilatih terlebih dahulu?
3.       Kumpulkan data.
4.       Susun laporan

Artikel Terkait

Penelitian Deskriptif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email