Minggu, 16 Oktober 2016

Macam-Macam Penelitian

Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam metode, dan sejalan dengannya rancangan penelitian yang digunakan juga dapat bermacam-macam. Untuk menyusun sesuatu rancangan penelitian yang baik perlulah berbagai persolan dipertimbangkan. Petanyaan-pertanyaan berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan pokok yang perlu dijawab dalam setiap usaha untuk menyusun suatu rancangan penelitian:
a.       Cara pendekatan apa yang akan dipakai?
b.      Metode apa yang akan dipakai?
c.       Strategi apa yang kiranya paling efektif?
Keputusan mengenai rancangan apa yang akan dipakai akan tergantung kepada tujuan penelitian, sifat masalah yang akan digarap, dan berbagai alternative yang mungkin digunakan. Apabila tujuan penelitian telah dispesifikasikan, maka penelitian itu telah mempunyai ruang lingkup dan arah yang jelas, dan karenanya perhatian dapat diarahkan kepada “target area” yang terbatas. Selanjutnya, sifat masalah akan memainkan peranan utama dalam menentukan cara-cara pendekatan yang cocok, yang selanjutnya akan menentukan rancangan penelitiannya. 

Pada waktu ini bermacam-macam rancangan penelitian telah dikembangkan orang dan untuk mengikhtisarkan berbagai rancangan tersebut berbagai cara penggolongan telah pula diusulkan. Salah satu di antara cara-cara penggolongan berdasar atas sifat-sifat masalahnya dipergunakan dalam tulisan ini. Berdasarkan atas sifat-sifat masalahnya itu, berbagai macam rancangan penelitian itu dapat digolongkan menjadi Sembilan macam kategori, yaitu:
1.       Penelitian historis,
2.       Penelitian deskriptif,
3.       Penelitian perkembangan,
4.       Penelitian kasus dan penelitian lapangan,
5.       Penelitian korelasional,
6.       Penelitian kausal komparatif,
7.       Penelitian eksperimental sunguuhan,
8.       Penelitian eksperimental semu, dan
9.       Penelitian tindakan.

Artikel Terkait

Macam-Macam Penelitian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email