Senin, 26 September 2016

Langkah-Langkah Penelitian

Di dalam bab ini disajikan langkah-langkah penelitian yang sifatnya umum, sejak awal sampai akhir. Untuk setiap langkah diberikan penjelasan ringkas, dan seberapa mungkin disajikan juga pertimbangn-pertimbangan praktis mengenainya.

Pada bab ini akan disajikan uraian mengenai suatu kerangka umum penelitian, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seseorang dalam melakukan penelitian. Apa yang disajikan dalam bab ini hanyalah suatu alternatif-bukan satu-satunya- dan diharapkan dapat memberi tuntunan kepada pembaca dalam menyusun perencanaan dan melakukan pelaksanaan penelitian.
Penelitian adalah suatu proses, yaitu suatu rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis guna mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu. Langkah-langkah yang dilakukan itu harus serasi dan saling mendukung satu sama lain, agar penelitian yang dilakukan itu mempunyai bobot yang cukup memadai dan memberikan kesimpulan-kesimpulan yang tidak meragukan.  Adapun langkah-langkah penelitian itu pada umumnya adalah sebagai tersebut di bawah ini:
1.       Identifikasi, pemilihan, dan perumusan masalah;
2.       Tinjauan kepustakaan;
3.       Penyusunan hipotesis;
4.       Identifikasi, klasifikasi, dan pemberian definisi operasional variabel-variabel;
5.       Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data;
6.       Penyusunan rancangan penelitian;
7.       Penentuan sampel;
8.       Pengumpulan data;
9.       Pengolahan dan analisis data;
10.   Interpretasi hasil analisis;
11.   Penyusunan laporan.
Kesebelas langkah tersebut berturut-turut akan disajikan secara ringkas di sini, dengan menunjukkan hal-hal yang pokok serta praktis.

Artikel Terkait

Langkah-Langkah Penelitian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email